Awas, Ada Copet Kereta Prameks di Stasiun Lempuyangan Yogyakarta!

Ilustrasi Copet

Setelah mendalami investigasi selama beberapa pekan di Stasiun Lempuyangan (Yogyakarta), tim investigasi PaguyubanPJKA.org memberanikan diri untuk merilis terduga pencopet berhasil tertangkap kamera. Singkat kata, berdasar investigasi selama dua pekan itu, kami menyimpulkan sbb:

Ciri2 Fisik Terduga Copet:

1. Badan tegap tapi agak kecil.
2. Rambut pendek.
3. Mengenakan masker saat beraksi.
4. Rapi dalam penampilan.
5. Membawa tas daypack.

Ciri2 Aksinya:

1. Berada di kerumunan para calon penumpang di peron saat siap-siap mau masuk naik kereta.
2. Biasa beraksi di gerbong tengah kereta lokal Prameks (karena gerbong tengah cenderung ramai).
3. Dia menunggu penumpang Prameks berdesak-desakan saat masuk pintu, lalu memanfaatkan momentum singkat itu.
4. Dia seperti mau masuk jadi penumpang Prameks, tapi kemudian keluar lagi.
5. Cenderung menyasar kepada ibu-ibu atau wanita, khususnya yg nampak kerepotan membawa barang bawaan.


Proses Investigasi

Dalam investigasi terakhir pada Sabtu (16/04), kami sengaja menunggu naik ke Prameks paling akhir sambil memantau beberapa orang yang kami curigai. Masing-masing anggota tim investigasi kami bertugas memantau satu orang yang dicurigai. Kami memfokuskan pada orang yang mengenakan masker. Kalau mereka yang kami curigai terus naik Prameks, berarti mereka penumpang biasa. Akan tetapi, kalau ada diantara mereka tidak meneruskan niat untuk naik kereta Prameks, maka patut diduga kuat yang bersangkutan adalah suspect pencopet.

Diantara orang yang kami curigai itu, ternyata ada yang tidak jadi naik. Kami menyimpulkan, pasti 99% yang bersangkutan adalah pencopet.

Namun demikian, meskipun kami sudah berani memastikan target adalah pencopet, tapi tidak berani melakukan penangkapan karena kami harus bisa membuktikan yang bersangkutan adalah pencopet. Oleh karena itu kami harus menangkap basah yang bersangkutan pada saat mencopet.

Pada saat kita melakukan investigasi, sebenarnya kita sudah dalam posisi siap menangkap. Tapi sejauh pantauan kami, dia mengurungkan niat. Dia memilih berbalik arah tidak jadi naik Prameks.

Walaupun demikian, kami berinisiatif memberi tahu salah seorang petugas keamanan di Stasiun Lempuyangan dan Polsus di kereta Prameks. Kami sampaikan upaya modus-modus pencopetnya dan menyarankan agar mewaspadai orang dengan ciri-ciri sesuai penjelasan di atas.

Mereka juga kami kirimi foto hasil jepretan rekan-rekan untuk memudahkan mereka melakukan identifikasi terhadap suspect pencopet di Stasiun Lempuyangan (Yogyakarta).

Kami menyarankan agar membuka file CCTV di Stasiun Lempuyangan. Jika dari CCTV sudah ketahuan, maka pihak Stasiun tentunya bisa melakukan langkah antisipatif dan atau sekaligus penangkapan kalau memungkinkan.

Akhir kata, kami harapkan para penumpang untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan. Jalin komunikasi dan kerjasama yang baik dengan penumpang lainnya yang terpercaya. Dan yang paling penting, jangan lupa berdoa sebelum, saat, dan setelah melakukan perjalanan Anda. Semoga bermanfaat. (Tim PaguyubanPJKA.org)

Silakan disebarluaskan.

Facebook Comments
About Mas Admin 41 Articles
|Admin Paguyuban PJKA | | Yang bertugas melakukan posting atas artikel dari non-kontributor |

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*