Argo Progo Sang Idola

KA Progo
KA Progo

Mendengar nama KA Argo pasti kita langsung membayangkan KA Kelas eksekutif dengan fasilitas kursi yang empuk nan nyaman, sandaran kursi-nya pun bisa di atur sehingga sangat nyaman untuk posisi tidur. KA Argo juga dilengkapi dengan standar AC Central yang  sejuk. Kru Restorasi yang cantik-cantik menawarkan menu makanan yang dijual.

Tetapi jangan salah terka dulu, yang di maksud KA Argo Progo dalam artikel ini adalah KA kelas ekonomi yang sebelumnya mendapatkan subsidi PSO dari pemerintah sebagai kewajiban pemerintah untuk melaksanakan pengadaan transportasi murah.

Sebelum di telisik lebih dalam lagi, ada baiknya kita sedikit menengok kebelakang cikal bakal atau sejarah dari KA Progo. KA Progo merupakan KA Kelas Ekonomi Relasi Pasar senen (PSE)-Lempuyangan (LPN), sebelum berubah nama menjadi KA Progo, pada thn 1980-an masih bernama KA SENJA EKONOMI JOGJA, Seiring berjalannya waktu berganti nama menjadi KA Empu Jaya dengan singkatan LEMPUYANGAN – JAKARTA RAYA merupakan KA Kelas Ekonomi dengan relasi yang sama yaitu Pasar Senen – Lempuyangan. Di Era kejayaan-nya pada tahun 2001 KA Empu Jaya pernah mengalami tragedi kecelakaan yang sangat memilukan, yaitu kecelakaan di Cirebon bertabrakan dengan lokomotif Cirebon Ekspres yang sedang langsir, kecelakaan ini mengakibatkan puluhan korban jiwa. Selang tidak berapa lama KA Empu Jaya kembali kebertabrakan dengan KA Gaya Baru Malam Selatan di stasiun Ketanggungan Barat yang juga merenggut korban jiwa. Akibat dari 2 kejadian yang berturut tutut oleh PT KAI yang pada jamannya masih bernama PERUMKA mengganti nama KA EMPU JAYA menjadi KA PROGO, hal ini karena dianggap nama EMPU JAYA terasa berat, Empu berarti pembuat keris, suatu keahlian yang berabad-abad lalu menjadi profesi yang begitu disegani karena hanya bisa dikerjakan oleh orang suci, dan memiliki magis yang tinggi. Entah itu mitos atau hanya kebetulan saja. Sedangkan penggantian nama menjadi KA Progo nama tersebut diambil dari nama sungai yang terletak di wilayah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Seiring berkembangnya per-keretaapi-an Indonesia, KA Progo di fasilitasi dengan penyejuk ruangan, walaupun sebenarnya AC yang di gunakan adalah AC Split yang sejatinya bukan diperuntukkan bagi ruangan bergerak.

Di kalangan anggota PJKA (Pulang Jumat Kembali Ahad) KA Progo sudah tidak asing lagi. KA kelas ekonomi murah dengan jadwal pemberangkatan paling ideal di masanya yang sekarang dengan jam pemberangkatan pukul 22.30, jadwal tiba-pun juga sangat ideal pukul 06.55 dengan tarif yang murah Rp. 75.000 tarif yang sudah mendapatkan subsidi dari pemerintah. Waktu yang pas bagi penglaju tujuan Jogja, Solo bahkan hingga Madiun, walaupun kereta tersebut hanya sampai Lempuyangan (Jogja). Dengan waktu keberangkatan hampir tengah malam waktu yang tepat bagi para pekerja yang menjalani perjalanan rutin setiap Jumat, tanpa harus ijin kerja pulang lebih cepat.

Bagi komunitas Paguyuban PJKA khususnya wilayah Jogja Solo, KA Progo biasa disebut dengan KA ARGO PROGO karena waktu tempuh yg relatif cepat, hanya 8 Jam 25 menit dari Jakarta menuju kota Jogjakarta untuk sekelas KA bersubsidi PSO. Untuk mendapatkan tiketnya pun secepat KA kelas Argo jika sedang melaju, tiket yang sangat susah di cari dan dibeli, terutama di hari Jumat. KA yang selalu menjadi KA favorit bagi para penglaju, bahkan masyarakat umum-pun mengidolakan KA tersebut karena tarif yang murah, Jam keberangkatan yang ideal, Jam tempuh yang cukup cepat, ketepatan waktu relatif stabil setiap hari-nya.

Namun sangat di sayangkan, per 1 April 2016 pemerintah mencabut subsidi KA Progo yang menyebabkan kenaikan tarif tiket tersebut. Mungkin oleh pemerintah dianggap menjadi KA terlaris dan banyak peminatnya. Menjadi KA pertama yang tiketnya selalu cepat Habis.

Akhir kata mudah mudahan KA ARGO PROGO tidak mengalami perubahan jadwal keberangkatan dari stasiun Pasar Senen dan mudah-mudahan kembali mendapatkan subsidi dari Pemerintah. Agar tetap menjadi KA Terfavorit.

Penulis: Agus Nur Ichsan

Sumber Gambar:

-https://c1.staticflickr.com/3/2937/14535754750_b85a4d97e3_b.jpg
-http://3.bp.blogspot.com/-iwBXvDx_owU/Ut0nJ9hzeKI/AAAAAAAAASo/0ctolUf93CQ/s1600/PAPAN+PROGO+FIX+1.png

Facebook Comments
About Mas Admin 41 Articles
|Admin Paguyuban PJKA | | Yang bertugas melakukan posting atas artikel dari non-kontributor |

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*