Toilet Ajaib di Stasiun Pasar Senen

images (6)

Mukadimah
Stasiun Pasar Senen adalah sebuah simpul utama dan organ vital dari jaringan transportasi kereta api di Indonesia.
Bagaimana tidak penting bingits?  Hampir semua keberangkatan dan kedatangan akhir kereta api ekonomi dan bisnis dari dan ke Jakarta ke kota-kota lain di Jawa dimulai dari Stasiun ini, baik jalur Selatan dan Utara Pulau Jawa.

Kereta Datang dan Pergi
Aktivitas kesibukan keberangkatan dan kedatangan kereta di Stasiun Pasar Senen dapat dikatakan berlangsung selama 24 jam.
Kedatangan dan keberangkatan kereta serasa tidak berhenti sepanjang hari.
Kereta jarak jauh mulai berangkat pada jam 04.45 sampai dengan sekitar jam 23.30.
Sedangkan kereta datang dari Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur dari sebelum tengah malam sampai dengan pagi hari.
Benar-benar stasiun yang sangat sibuk!!20130804jumlah-pemudik-kereta-api-0(Sumber foto: antaranews.com)

20150401antarafoto-perubahan-jadwal-perjalanan-ka-010415-wpa-3(Sumber foto: antaranews.com)

038142900_1419907365-penumpang_2(Sumber foto: antaranews.com)

Kontradiksi Toilet Ajaib dan Ruang Tunggu

•Toilet Ajaib

Saat ini hanya tersedia 1 area toilet umum di area pintu masuk peron Stasiun Pasar Senen.

Ajaib-nya toilet tersebut hanya dibuka pada pukul 04.00 pagi (yang pada kenyataannya lebih sering dibuka molor dari jam tersebut) dan toilet akan ditutup pada pemberangkatan kereta terakhir hari tersebut yaitu sekitar jam 12.00.
Toilet ajaib ini sepertinya tidak mengerti atau sengaja tidak mau mengerti atas kebutuhan yang mendesak akan dirinya. Jaman sekarang ini dunia berputar makin cepat dan dia lupa jika kebutuhan biologis manusia untuk buang hajat tidak bisa dibatasi oleh jam.

Si toilet ajaib tidak mau mengerti, karena banyak sekali pengguna kereta api jarak jauh yang baru datang dari daerah pada dinihari sampai esok harinya. Apakah pengguna-pengguna tersebut harus menunggu hingga pukul 04.00 untuk hanya sekedar MCK ?

•Ruang Tunggu Penumpang

Sebelas duabelas dan setali tiga uang dengan si Toilet Ajaib, area ruang tunggu untuk penumpang juga tidak terbuka selama 24 jam.

Jam operasional ini sangat tidak masuk akal karena banyak penumpang yang sering sekali harus menunggu di stasiun untuk keberangkatan pagi di stasiun (contoh: Kereta Kutojaya Utara berangkat jam 05.30).
Ratusan penumpang ini perlu tempat menunggu, apakah itu yang baru datang atau yang akan pergi, baik karena menunggu jemputan atau menunggu tersedianya transportasi seperti bus atau angkutan umum lain.

Tingkat pelayanan PT.Sepur atas hal tersebut sangat menggelikan.
Mungkin perlu plesiran dan piknik ke stasiun-stasiun di luar negeri sebagai perbandingan.
Apakah ini sudah sesuai motto PT.Sepur:
“Anda adalah Prioritas Kami”?

images (8)

Aksi Protes
Saya membayangkan akumulasi kejengkelan pelanggan kereta akan sampai batasnya.
Jangan sampai pada suatu hari ratusan penumpang yang baru datang dari luar Jakarta baper, di waktu dinihari mereka melakukan aksi protes dengan cara pipis sembarangan di area Stasiun Pasar Senen, di depan pintu toilet, di tembok pagar, di pot tanaman, dst. Cara yang lebih elegan mungkin dengan cara menampung air seni di botol bekas dan lalu membuangnya dikapyukke ke tembok atau pintu toilet. Njijiki dan kemproh memang tapi akan menjadi protes sangat menohok.
Pasti akan sangat seru dan akan menjadi berita yang heboh jika diliput oleh media.

Salam #PaseduluranSakLawase

Bogowonto, 13 Februari 2016

Facebook Comments
About Hadi Suryono 3 Articles
|Berstatus resmi PJKA sejak tahun 2006, saat mulai merantau di ibukota, sudah genap satu dasawarsa..!!| |Seorang pekerja di sebuah perusahaan Penanaman Modal Asing di bidang pengelolaan wilayah kerja eksploitasi Migas| |Seorang suami dan ayah dari seorang putra dan putri| |A Friendly Thinker| |"Cogito Ergo Sum, Quid Pro Quo, Que Sera Sera."|

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*